Jumat, 30 Januari 2015

"Yang Maha Mengetahui" Google

Google, raksasa internet yang dalam satu dekade kebelakang sudah mengakuisisi puluhan bahkan ratusan perusahaan yang berbasis tekhnologi untuk memperlebar kekuasaanya ini memang sangat digdaya. Tidak dipungkiri memang setiap hari kita selalu dihubungkan dengan internet. Google sangat lekat sekali dengan internet, dengan kata lain kita bisa mengambil kesimpulan dari dua premis tersebut kita lekat dengan Google.

Tapi seberapa jauh raksasa internet ini mengetahui tentang penggunanya? Apakah hanya sekedar mengetahui lokasi dimana Anda menggunakan internet, video yang Anda tonton atau lebih dari itu?.

Dalam artikel ini akan menjelaskan beberapa fakta menarik mengenai Google bisa mengetahui segala nya dari penggunanya, "Yang Maha Mengetahui" Google.

- Google mengetahui Anda sudah  dan akan kemana 

Waze sebuah aplikasi penunjuk jalan yang sangat populer di Ibukota memang sangat memberi kemudahan kepada penggunanya, dimanjakan untuk menghindari beberapa titik macet dan juga kerumunan Polisi, sehingga kita bisa mencari jalur alternatif lainya. Aplikasi tersebut sudah dimiliki oleh Google, jadi Google bisa mengetahui kita sedang berada dimana.

Tidak hanya itu, Google juga mengetahui semua jadwal kita, kantor kita, tempat nongkrong favorit, tempat meeting dan lainya. Kok bisa?

Lihat semua daftar fitur yan sudah Anda gunakan, semua merekam jejak kita di internet. Google dengan mudahnya mengakses data tersebut.

Google juga mengetahui dengan siapa Anda bicara
Ketika bertemu denga teman baru di dunia maya yang notabene adalah orang yang menggunakan bahasa yang berbeda maka rujukan pertama kali kita adalah Google Translate. Ya, benar sekali, dari saitulah sumber data yang paling kuat disamping gmail dan google hangout. Tidak bisa dipungkiri memang bahwa Google sangat melekat dengan kehidupan sehari-hari. Google merekam setiap hal yang kita lakukan dan mempelajarinya.

-  Google mengetahui apa yang ada didalam otak Anda

Bahkan Google bisa mengetahui apa yang sedang kita pikirkan, tertulis dalam sebuah blog atau setatus di sosial media pun belum, namun Google sudah mengetahuinya.

Google melakukan semua hal tersebu bukan dengan alesan yang tidak jelas, tujuan utamanya adalah untuk menjual iklan. Semakin banyak informasi yang bisa diambil dari pengguna, maka akan semakin banyak pula pengiklan yang akan memasang iklan tersebut. Target iklan akan semakin pas karena melihat kebiasan dan kebudayaan dari orang ataupun region.

Nilai jual yang sangat tidak ternilai harganya ketika kita bisa memetakan sebuah kebudayaan. Penulis tidak mempermasalahkan Google dengan segala tekhnologinya, mengedukasi para pemakainya untuk selalu wise  ketika menggunakan internet adalah salah satu hal yang bisa kita lakukan. karena sejatinya seorang manusia itu hidup adalah untuk bertukar informasi.

Baca juga: Pembuatan company profile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar