Kamis, 15 Januari 2015

Tips Untuk Memulai Sebuah Bisnis



Semua orang ingin menjadi seorang pengusaha, karena sekecil apapun usahanya orang tersbut sudah menjadi bos. Tidak ada yang mengatur dan menyuruh-nyuruh. Ketika orang ingin mulai sebuah usaha yang ada dalam benak mereka mungkin berkata "saya bisa memperkaya bos, masa iya saya tidak bisa memperkaya diri sendiri?". Dimulai dari rasa ingin menjadi seorang bos, maka orang berlomba-lomba untuk membuat sebuah bisnis.

Namun perlu diketahui, banyak orang yang memulai usaha namun gagal. Banyak faktor yang bisa membuat bisnis kita gagal pada tahun pertama kita memulainya. Kegagalan bisnis dari orang itulah yang bisa kita jadikan "peringatan". Dibawah ini ada beberapa tips untuk memulai sebuah bisnis:

1. Hobi adalah salah satu ide bisnis paling nyaman
Ketika kita memulai sebuah bisnis yang didasari dari kesenangan kita akan sesuatu hal, maka kita yang menjalani akan enjoy dan tidak ada beban. Kunci sukses sebuah usaha adalah dia menguasai apa yang dia jalani. Coba Anda renungkan sejenak bidang apa yang sekiranya Anda kuasai sebelum Anda memulai sebuah bisnis.

2. Susun rencana usaha
Susun secara detail apa yang harus dibutuhkan ketika akan memulai sebuah bisnis. mulai dari modal, teknis hingga pengelolaan. Buatlah dalam satu buku khusus atau folder terpisah sehingga rencana Anda akan terlihat sistematis. Perencanaan yang baik akan membantu Anda dalam memulai sebuah bisnis.

3. Unik dan menarik
Membuat citra yang unik dimata pelanggan membutuhkan waktu yang tidak singkat, proses branding untuk bisnis bisa dilakukan semenjak bisnis itu dimulai, positioning yang tepat juga akan mempengaruhi citra dari bisnis tersbut. Keunikan bisa terwujud mulai dari logo, tagline, company profile, pengemasan, pelayanan bahkan dari stratego sosial media.

4. Bersaing untuk kualitas bukan harga
Jangan terpancing dengan pesaing yang selalu banting harga, karena ketika menurunkan harga maka kualitas kita juga akan ikut turun. Orang indonesia akan ikhlas membayar harga lebih mahal dengan jaminan kualitas terbaik, lihat peluang tersebut dan jangan terpancing untuk menurunkan harga.

5. Cari lokasi yang strategis
Untuk usaha kecil, lokasi adalah salah satu yang paling penting. Karena akan meningkatkan penjualan ketika lokasi tersebut banyak dilewati oleh orang banyak.

6. Jangan lupakan internet marketing
Dunia sudah berubah, trend untuk pemasaran sudah bergeser melalui internet. usaha digital marketing agency pun mulai banyak bermunculan untuk membantu usaha kecil yang ingin memasarkan produknya melalui internet. Dengan mengandalkan tim yang pernah menangani berbagai brand besar maka digital marketing agency tersebut akan digunakan oleh banyak perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar